Apr 17, 2017

Cara-cara Meremote (Akses) Router Mikrotik

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



Pada kali ini kami akan berbagi cara-cara untuk meremote (mengakses) Router Mikrotik. Sebelumnya perlu diketahui data login default Mikrotik, yaitu sebagai berikut.
Username = admin
Password = (kosong)
IP Address = 192.168.88.1/24

Hubungkan Router Mikrotik Anda ke PC yang akan diguanakan untuk meremote dengan konektor kabel UTP, dan berikut cara-cara yang dapat digunakan untuk meremote Router Mikrotik.

Remote Menggunakan Winbox

Pengertian :

Winbox merupakan sebuah software atau utility yang berfungsi untuk meremote suatu server Mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) yang digunakan pada sistem operasi Windows.

Langkah-langkah :

  1. Buka Winbox Anda kemudian klik pada tab Neighbors untuk mengetahui perangkat yang terkoneksi. Apabila router tidak terdeteksi, Anda dapat klik Refresh hingga router berhasil terdeteksi. Kemudian jika router sudah terdeteksi, akan ada tampilan seperti pada gambar yang merupakan spesifikasi perangkat Anda. Klik pada bagian MAC Address hingga MAC Address tersebut tersalin pada kolom Connect To. Selanjutnya klik Connect untuk mulai meremote router. 

  2. Ini merupakan tampilan yang akan muncul jika remote router berhasil.

  3. Kemudian Anda dapat melakukan pengaturan IP Address router dengan sorot pada menu IP kemudian pilih Addresses.

  4. Setelah itu klik ikon tambah (+) seperti pada gambar lalu masukkan IP Address dan klik OK. Ini bertujuan agar selain dapat meremote menggunakan MAC Address, Anda juga dapat meremote router menggunakan IP Address. Selain IP Address yang Anda buat, bisa juga menggunakan IP Address default Mikrotik. Disini kami memasukkan IP Address untuk router yaitu 104.104.104.104/24.

  5. Langkah berikutnya, atur jaringan PC Anda agar berada dalam satu network dengan router. Disini kami memasukkan 104.104.104.4/24 sebagai IP PC dengan gateway IP router (104.104.104.104/24).

  6. Selanjutnya close Winbox dan buka kembali. Lalu coba untuk remote dengan memasukkan IP Address seperti pada gambar berikut.

  7. Jika akses router berhasil maka akan muncul tampilan seperti ketika diakses dengan MAC Address.

Remote Menggunakan Webfig

Langkah-langkah :

Meremote perangkat Mikrotik dengan cara Webfig sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan browser, kemudian akses IP Address router Anda. Jika akses berhasil, maka tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut.


Remote Menggunakan Telnet

Pengertian :

Telnet (Telecomunnication Network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada internet ataupu LAN guna menyediakan fasilitas komunikasi dua arah berbasis teks yang memanfaatkan koneksi virtual terminal.

Langkah-langkah :

  1. Untuk melakukan remote (akses) router menggunakan Telnet, Anda memerlukan software Putty jika sistem operasi yang digunakan berbasis Windows. Buka Putty kemudian masukkan IP Address router, lalu pilih tipe koneksi yaitu Telnet (port 23). Kemudian klik Open.

  2. Kemudian Login dengan memasukkan Username dan Password. Karena kami belum mengubah Username dan Password (masih default), maka kami Login dengan menggunakan Username admin dan Password dikosongkan.

  3. Jika berhasil diakses, maka tampilannya akan seperti pada gambar berikut.

Remote Menggunakan SSH

Pengertian :

SSH merupakan aplikasi yang dibuat sebagai pengganti aplikasi remote login lain, seperti Telnet, RSH, dan RLogin. Kelebihan sekaligus tujuan diciptakannya SSH adalah untuk akses (remote) yang jauh lebih aman.

Langkah-langkah :

  1. Sebenarnya remote menggunakan SSH hampir sama dengan Telnet, namu Telnet kurang aman dibandingkan SSH. Jadi jika Anda ingin melakukan akses yang aman terhadap router, Anda dapat menggunakan SSH. Caranya juga hampir sama, buka Putty kemudian masukkan IP Address router, dan pilih tipe koneksi yang SSH (port 22). Setelah itu Open.

  2. Selanjutnya akan muncul konfirmasi, klik Yes.

  3. Setelah itu Login dengan memasukkan Username dan Password.

  4. Jika router berhasil diakses maka tampilan yang muncul adalah sebagai berikut.

Remote Menggunakan Hyperterminal

Pengertian :

Hyperterminal atau yang lebih sering disebut dengan Hyperterm adalah sebuah program yang dirancang untuk melaksanakan fungsi komunikasi dan merupakan bawaan dari sistem operasi Windows.

Langkah-langkah :

  1. Buka Hyperterminal Anda, kemudian masukkan nama Anda sebagai deskripsi koneksi lalu klik OK.

  2. Selanjutnya masukkan IP Address router Anda, lalu klik OK.

  3. Setelah itu Login dengan memasukkan Username dan Password.

  4. Ini merupakan tampilan remote (akses) router melalui Hyperterminal.

Remote Menggunakan Console

Cara selanjutnya sekaligus cara terakhir untuk remote Router Mikrotik pada post kali ini adalah menggunakan console dan tools yang saya gunakan adalah minicom. Dengan cara console ini riuter dapat diakses dengan aman, namun kekurangannya Anda harus meremote secara langsung (jarak dekat) tidak dapat jarak jauh karena menggunakan kabel serial untuk terkoneksi.

Langkah-langkah :
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan perintah dmesg |grep tty untuk melihat port serial yang aktif pada router. Pada gambar terlihat port serial yang aktif adalah ttyS0 dan ttyS4, sedangkan tty0 merupakan posisi router Anda.

  2. Selanjutnya masuk ke minicom sebagai root dengan perintah sudo minicom -s lalu masukkan password PC Anda.

  3. Setelah itu konfigurasi untuk port serial, pada menu konfigurasi berikut pilih Serial Port Setup.

  4. Kemudian atur konfigurasi menjadi seperti pada gambar. Untuk setting setiap pilihan, Anda hanya perlu menekan huruf yang ada diawal pilihan.

  5. Lalu simpan konfigurasi sebagai dfl.

  6. Kemudian keluar dari minicom dengan memilih Exit.

  7. LAngkah berikutnya login ke Router Mikrotik dengan username admin dan untuk password dikosongkan saja (default).
  8. Ini merupakan tampilan setelah Anda berhasil login ke router.

Sekian yang dapat saya share untuk akses mikrotik ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

1 comment:

  1. Cara-Cara Meremote (Akses) Router Mikrotik ~ Newbie >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara-Cara Meremote (Akses) Router Mikrotik ~ Newbie >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara-Cara Meremote (Akses) Router Mikrotik ~ Newbie >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete