Jun 7, 2017

Monitoring Server Windows Server 2012


Pengertian

Monitoring Server merupakan kegiatan memantau sebuah server dari segi kinerja hardware, traffic lalu lintas data, dan masih banyak lagi.
Contohnya, misalkan kalian download film, nah melalui kegiatan monitoring ini, kita bisa tahu kecepatan download nya berapa, secepat apa, stabilnya di kecepatan berapa. Atau misalkan kalian lagi main game nih, nah nanti melalui kegiatan monitoing ini kita bisa tau, berapa ram yang terpakai untuk menjalankan game tersebut, berapa otak proscessor yang bekerja untuk menjalankan game tersebut, berapa clock speednya, dll.


Konfigurasi


Task Manager

1) Pertama, jika kalian tidak mau repot-repot download software untuk monitoring server, kalian bisa menggunakan aplikasi yang bernama Task Manager. Aplikasi ini sudah langsung di sediakan oleh windows, jadi kita gaperlu install lagi. "Ah aplikasi bawaan mah biasaanya busuk-busuk", hey mas jangan salah, task manager ini mempunyai fitur ya bisa di bilang cukup menjanjikan lah, bisa memantau traffic download & upload, memantau kinerja prosesor, melihat banyaknya ram yang digunakan, dan bahkan juga bisa memberhentikan aplikasi secara paksa. untuk membuka task manager caranya cukup mudah, cuma tinggal buka search pada windows abis itu ketikin task manager deh.


2) Jika sudah di buka, sekarang coba buka aplikasi terserah kalian aja, tetapi pada contoh ini saya membuka kalkulator, dan lihat nanti akan terdapat perubahan di jendela task pada aplikasi server manager kalian


3) Sekarang coba klik More Details untuk melihat aktifitas secara detail


4) Nah, pada tab Processes akan terdapat berapa penggunaan cpu dan memory ram kalian. di situ juga terdapat aplikasi yang sedang berjalan, baik aplikasi yang sedang jalankan/mainkan dan juga aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang.


5) Pada tab Performance terdapat aktifitas yang dilakukan oleh CPU, Memory dan Hardware. pada gambar di bawah ini menunjukan proses pada cpu kalian, disitu akan terdapat jumlah pemrosesan, uptime yang menandakan berapa lama cpu tersebut aktif, dan juga clock speed pada processor kalian


6) Juga terdapat tampilan aktifitas dari ram pc kalian, disitu di tampilkan berapa jumlah ramnya, berapa ram yang terpakai, dan sebagainya


7) Kemudian juga terdapat traffic dari jaringan yang terhubung kr pc kalian. disitu terdapat berapa speed download & uploadnya, berapa ip yang digunakan pc tersebut, pc tersebut konek kemana, dll.
Habis itu coba klik Open Resource Monitor


8) Maka akan muncul tamppilan seperti gambar berikut, Yaitu proses pada CPU, Disk, Network, dan Memory. jika ingin meliihat proses tersebut secara lebih detail, bisa kalian kli pada tanda panah atas (^) yang sudah saya tandaipada gambar dibawah ini. Maka tampilan detailnya akan seperti yang telah saya tandai dengan warna kuning.


Performance Monitor

1) Untuk menjalankan aplikasi Performance Monitor, Pertama kalian buka dulu server manager pada WinServer 2012 kalian, kemudian klik pada menu tools setelah itu pilih Performance Monitor


2) Maka akan terbuka aplikasi Performance Monitor, sekarang pada traffic area, setelah itu klik Add Conters..


3) Disini saya ingin memantau prosesor, maka dari itu klis pada menu processor setalah itu klik Add, kemudian klik OK.


4) Nah maka akan ditampilkannya proses yang terjadi pada prosesor pc kalian tersbut


Event Viewer

1) Kemudian sekarang kita coba menggunakan aplikasi yang bernama Team Viewer. Kembali ke halaman utama server manager kalian, kemudian klik pada menu tools setelah itu pilih Event viewer


2) Berikut halaman utama dari Team Viewer. Klik pada windows logs, kemudian pilih system, maka akan muncul Filter dari semua log pada system.


4) Jika hanya ingin menampilkan beberapa log saja, bisa kalian klik Filter Current Log..


5) Maka akan muncul jendela seperti gambar berikut, pada contoh ini hanya log Critical yang hanya ingin saya tampilkan, maka dari itu berikan tanya ceklis pada Critical di bagian Event Level, jika sudah klik OK.


6) Berikut tampilannya, hanya log Critical yang muncul


Menggunakan Aplikasi Windows Health Monitor

1) Nah, Sekarang kita coba pake aplikasi dari luar, kita mesti download dulu, pada contoh ini saya menggunakan aplikasi yang bernama Windows Helath Monitor, untuk link downloadnya bisa kalian cari saja di google, banyak ko.


Jika sudah di download sekarang tap 2 kali pada file .exe tersebut untuk memulai proses penginstallan, jika sudah maka akan tampil gambar seperti berikut, kalian Next saja


2) Anda diminta untuk menyetujui lisensinya, pilih Yes


3) Atu directory dimana aplikasi tersebut akan diinstal, pada contoh ini saya memabiarkannya seperti default saja


4) Klik Next untuk memulai penginstallan.


5) Tunggu hingga prosesnya selesai.

6) Installasi selesai, klik finish




7) Buka Jalankan perintah Sconfig setelah itu lihat computer name dan domainnya


8) Buka Windows Healt Monitor yang sudah di install tadi, kemudian klik Add Server, pada jendela baru yang terbuka, isikan Server Name dengan nama komputer kalian, dan pada domain/workgroup isikan nama domain atau workgroup dari pc tersebut, dan jangan lupa juga isikan username beserta passwordnya.


9) Nahhh, Berikut tampilan dari pc yang kalian pantau,disitu terdapat beberapa info dari pc yang kalian pantau, dari namanya, berapa ip yang digunakan, berapa ram & harddisk yang tersedia, dan masih banyak lagi. Disitu juga terdapat status prosesor, memory ram yang tersedia, traffic lalu lintas paket data, dan lain sebagainya yang bisa kalian lihat.

Selesai.
Sekian untuk konfigurasi kali ini. Terimakasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb.


0 komentar:

Post a Comment