Jun 7, 2017

Disable & Enable Package Pada Mikrotik


Penjelasan

Kapan waktu kita untuk me-disable dan men-enable package ? ya, saat suatu package tidak kita gunakan atau tidak kita perlukan, dan ini dapat membuat kinerja router menjadi lebih ringan.

Langkah-langkah:

1. Disini kita akan men-disable package hotspot. Yang pertama kali kita lakukan adalah klik menu system > klik package. dan nantinya akan muncul list dari packages. dan disini kita akan coba men-disable package hotspot. caranya dengan mengklik package hotspot lalu klik disable. 



2. Selanjutnya kita restart / reboot router mikrotik, bisa menggunakan CLI atau juga bisa menggunakan GUI.



3. Setelah itu, router akan secara otomatis reconnect. Maka jika router sudah siap kembali maka bisa klik reconnect.



4. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan klik menu ip, dan di menu ini tidak ada hotspot, karena sudah kita disable sebelumnya.



5. Setelah men-disable package hotspot maka selanjutnya kita akan men-enable kan kembali package hotspot, dengan cara klik package hotspot > klik enable.



2. Sama seperti sebelumnya. kita akan restart / reboot router mikrotik, bisa menggunakan CLI atau juga bisa menggunakan GUI.



3. Setelah itu, router akan secara otomatis reconnect. Maka jika router sudah siap kembali maka bisa klik reconnect.



4. Terakhir, kita akan melakukan verifikasi dengan klik menu ip, dan terlihat kembali menu hotspot, karena sebelumnya telah kita enable kembali.



Selesai.
Sekian untuk konfigurasi kali ini. Terimakasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Post a Comment