Oct 16, 2016

Menghadiri MikroTik User Meeting 2016 Jakarta, Indonesia



Assalamu'alaikum wr.wb.



Pada kali ini saya akan sharing pengalaman saya. Rabu, tanggal 12 Oktober 2016 merupakan meet 'n' greet party MikroTik User Meeting (MUM). Acara ini di selenggarakan setiap tahun oleh MikroTik di setiap negara dengan berganti kota hampir tiap tahunnya. MikrioTik itu sendiri merupakan perusahaan besar perangkat yang berhubungan dengan Jaringan. Tahun 2016 ini MUM di adakan di Jakarta tepatnya di Holiday Inn Jakarta Utara. 

Acara biasanya berlangsung 3 hari, dimana hari pertama hanya meet 'n' greet dan 2 hari berikutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi dari beberapa partisipan. Rabu itu saya dan rombongan dari Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMKN 1 Bekasi Barat berangkat dari sekolah sekitar pukul 13.00 menggunakan 4 bus. Perjalanan kira-kira memakan waktu 2 jam lebih, dan kami tiba di lokasi pukul 15.30. Sampai disana kami makan siang setelah itu sholat Ashar berjama'ah. 

Kami menunggu mulainya acara didepan Ballroom Holiday Inn Jakarta dan disana sudah ramai peserta MUM 2016 ini. Dari yang muda sampai yang tua, baik laki-laki maupun perempuan yang berminat di Jaringan hadir disana. Sambil menunggu ceremony dimulai, banyak orang menggunakan waktunya untuk sekedar berfoto di photobox, begitu pula dengan kami. Saat merasa sudah banyak foto untuk sekedar dokumentasi, kami menunggu dengan duduk-duduk sambil ngobrol. 

Sekitar pukul 16.45 acara meet 'n' greet party dimulai. Kami berbaris untuk mengantri masuk ke dalam Ballroom. Didalam kami melakukan registrasi menggunakan tanda pengenal untuk mengambil souvenir berupa kaos, buku berisi pengenalan produk MikroTik, dll. Acara dilanjutkan dengan menyantap hidangan yang di sediakan. Pukul 18.00 kami kembali ke Bekasi dan tiba pukul 20.30 karena jalanan yang macet.

Hari ke-2 kami berangkat pukul 06.30 dan tiba sekitar pukul 08.30. Presentasi pertama di buka dengan pengenalan produk-produk terbaru MikroTik. Dilanjutkan dengan presntasi-presentasi materi lain oleh presentator dari berbagai perusahaan/organisasi. Berikut susunan acara pada hari ke-2.


Hari ke-3 tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya, namun ada tambahan kegiatan pada akhir acara. Sebelum penutupan acara, ada pembagian doorprize dari MikroTik dan beberapa perusahaan. Hadiahnya cukup banyak, mulai dari buku dari ID Networkers, produk dari MikroTik, serta masih banyak produk MikroTik lain seperti router dan switch dari beberapa perusahaan seperti Citraweb Indonesia, dll. Setelah doorprize acarapun di tutup. Berikut daftar susunan acara hari ke-3.
Selesainya acara kami pun kembali ke Bekasi kira-kira pukul 18.30 dan tiba pukul 20.45.
Sebenernya masih kurang kalau cuma 3 hari gitu, karena seru dan menambah pengalaman juga. Banyak yang bisa dipelajari dari sana, selai itu kita juga bisa bertemu dengan orang-orang jaringan mulai dari newbie hingga yang profesional. Materi yang disampaikan sangat luas dan menurut saya ada satu materi yang paling menarik dan baru buat saya yaitu MikroTik Hotspot 2.0 (IEEE 802.11u) by Rofiq Fauzi (ID-Networkers, Indonesia)

Seperti apa materinya? ini dia..









































Nah itu dia sedikit pengalaman yang bisa saya share, buat yang tertarik jangan lupa datang pada mum di tahun-tahun berikutnya yaa.






 



See you...


0 komentar:

Post a Comment